Advance DT-100, Modem 4G Murah Rp 300 Ribuan

Penggunaan koneksi internet atau pemakai kuota data sampai di Oktober 2017 ini semakin meningkat dimana jumlah konsumen sebagai pengguna internet, khususnya di tanah air sudah mencapai lebih dari 125 juta. Jumlah ini kemungkinan besar akan terus mengalami peningkatan karena faktor kemajuan teknologi jaringan internet yang terus stabil dan meluas cakupan daerah atau coverage area, juga dukungan kualitas layanan dari provider internet (ISP). Kemudian juga karena semakin banyaknya produk dari gadget yang bisa mengakses koneksi internet berupa smartphone, tablet PC, router, modem, dan wifi adapter.

Saat ini akses internet berkecepatan tinggi begitu mudah dilakukan karena selain banyaknya merk dan seri Hp yang sudah mendukung koneksi internet cepat 4G LTE, juga kian banyak merk dan kelas modem maupun modem wifi (mifi) 4G dari rank harga mahal, menengah sampai modem 4G harga termurah sebagai alat yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan internet ke laptop, tablet, dan juga komputer (PC). Keberadaan USB modem 4G maupun modem mifi 4G terbaik (modem yang mendukung fitur berbagi koneksi internet via wifi) juga kian meningkat fungsinya, dimana konsumen pengguna internet bisa memilih dari ragam merk, kualitas, dan harga yang ditawarkan.

Rata-rata speed atau kecepatan modem 4G LTE baik yang support sinyal kartu GSM maupun CDMA adalah up to 100 Mbps untuk download dan speed upload up to 40 Mbps. Speed download dan upload modem 4G ini tentu saja disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti jenis uSIM yang dipasang sudah 4G atau belum, kualitas frekuensi, dan kestabilan sinyal 4G pada kartu yang digunakan. Di Oktober 2017 ini bisa ditemukan banyak merk modem 4G LTE dengan macam fitur, spesifikasi dan harga yang dibandrol, serta kekurangan dan kelebihan masing-masing produk modem 4G. Dimana sebagian besar dari merk USB modem 4G terkenal sebagai jajaran kelas modem 4G terbaik yang ada saat harganya di atas Rp 550 ribu.

Daftar merk mifi dan modem 4G LTE terbaik serta terkenal saat ini yang memang sudah terbukti kinerja serta kualitas dan keawetannya yang banyak beredar di pasaran Indonesia, antara lain merk modem 4G Huawei, ZTE, dan Sierra. Meskipun demikian, di pasaran modem dan mifi adapter tanah air masih bisa ditemukan merk modem USB 4G LTE yang cukup bagus dan berkualitas, dengan harga yang relatif lebih murah. Salah satu merk modem 4G murah berkualitas yang mendukung semua sinyal 4G kartu GSM adalah Advance, dimana seri yang terkenal saat ini adalah Advance DT-100 dan Advance DT-100 Plus.

Advance DT-100, modem 4G murah Rp 300 ribuan ini juga sering disebut sebagai modem Advan Jetz yang pada bodi modem terdapat tulisan Telkomsel Flash. Meskipun demikian modem Advan DT-100 ini sudah unlock yang artinya selain sebagai modem 4G Telkomsel juga bisa digunakan untuk kartu GSM lain seperti XL, 3, Indosat, dan Axis. Frekuensi yang didukung oleh harga modem 4G paling murah saat ini adalah : 850/900/1800/1900 MHz GSM dan 2100 MHz UMTS. Sementara untuk seri di atasnya dengan harga modem 4G yang lebih mahal, namun tetap masih dalam rank Rp 300 – 400 ribuan adalah Advance DT-100 Plus.

Review Advance DT 100 Plus ada fitur wifi yang bisa diaktifkan secara praktis dan mudah atau berdiri sendiri tanpa harus menggunakan laptop atau adapter lainnya. Advan DT-100 Plus ini termasuk salah satu wifi portabel terbaikmodem wifi 4G murah, dan masuk dalam harga mifi 4G GSM termurah saat ini, khusus untuk frekuensi sinyal kartu GSM. Sementara review Advance DT 100 dari sisi kelemahan atau kekurangannya adalah modem cepat panas, dan penggunaan fitur Wifi harus melalui adapter tambahan.

Fitur dan spesfikasi Advanced DT-100 :
– frekuensi HSUPA/HSDPA/UMTS 2100Mhz – EDGE/GPRS/GSM 850, 900, 1800, 1900Mhz – B3 & B8 (LTE)
– download speed up to 100Mbps
– upload speed up to 50Mbps
– ada slot Micro SD
– ada menu USSD
– fitur Wifi
– bisa SMS dan data service
– auto detect untuk instalasi di  OS Windows dan Mac
– ada file setup untuk instal driver modem advan dt-100