Android Oreo, OS Android Terbaru 2017

Android sebagai sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di smartphone dan tablet masa kini, yang mana juga menjadi salah satu platform gratis terbaik pada Agustus 2017 kembali merilis versi terbarunya. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa  sejak awal versi Android sampai versi yang terbaru selalu saja membawa nama yang urut berdasarkan abjad dan juga selalu saja berkaitan erat dengan istilah makanan dan minuman atau cemilan. OS Android terbaru 2017 tersebut adalah Android O yang merupakan singkatan dari nama Android Oreo atau juga bisa disebut sebagai Android 8. Dengan hadirnya sistem operasi Android terbaru versi 8 atau Android Oreo ini tentu saja menjadi penyempurna dari OS Android lama yang juga menghadirkan beberapa fitur baru, tampilan anyar, sisi security yang lebih baik, dan performa yang lebih canggih serta mumpuni juga tangguh dibanding seri sebelumnya.

Beberapa fitur baru yang disajikan oleh OS Android 8 Oreo :
1. Menu setting lebih sederhana dan simpel
– menu Settings (pengaturan) telah mengalmai perubahan, dengan menghilangkan menu slide out
2. Teks cerdas
Android Oreo, OS Android terbaru 2017 ini menghadirkan fitur baru berupa teks cerdas (smart text). Fitur dimana Android bisa mengidentifikasi hal penting, seperti nomor telepon, email, alamat, dan lain-lain. Caranya dengan sentuh 2 kali teks untuk highlight yang akan disalin, atau gunakan app shortcuts di samping tombol Copy guna mempercepat interaksi.
3. Penyempurnaan App Shortcuts
– Pada Android 7 untuk akses app shortcuts dengan cara ketuk ikon aplikasi, namun di Android Oreo tampilan shortcut telah disempurnakan, dimana bisa mengakses widget aplikasi dari menu shortcut.

4. Auto enable Wifi
– Fitur Android Oreo yang memungkinkan koneksi Wi-Fi bisa otomatis On atau hidup di saat berada di lokasi yang dekat dengan jaringan Hot Spot area.
5. Setting baterai lebih rinci
– Statistik penggunaan baterai di Android O makin lengkap dan detail daripada versi Android sebelumnya. Ketika melihat statistik pemakaian aplikasi, akan ditampilkan juga indikator baterai yang terpakai oleh aplikasi tersebut.
6. Notification Dots
Fitur notifikasi seperti yang ada di iOS yang bisa di-enable atau disable, dimana alert akan muncul di ikon aplikasi yang notifkasinya belum sempat kita buka

7. Emoji atau emoticon baru
– Android 8 menghadirkan beberapa gambar ikon kartun atau emoji baru yang lebih bervariasi dari versi Android sebelunnya
8. Fitur picture in picture
– Fitur PiP adalah fitur baru Android 8 untuk bisa melakukan video call dari Duo sambil menonton video di Chrome, dengan cara tap tombol Home ketika video sedang diputar.
9. Sistem keamanan baru
Fitur andalan Android O berupa peningkatkan sistem keamanan pada Android Oreo bisa dilihat melalui Settings> Security, akan terlihat intensitas dari aplikasi dideteksi dan kapan terakhir aplikasi dipindai. Dilengkapi dengan aplikasi berupa Google Play Protect
10. Ikon aplikasi bisa disesuaikan
Fitur baru Android Oreo yang digunakan untuk menyesuaikan bentuk ikon aplikasi dengan 4 pilihan, yaitu ; Squircle, Square, Rounded Square, dan Teardrop.