Android P, OS Android Terbaru Versi 9

Android P adalah OS Android terbaru versi 9 yang pada Maret 2018 masih dalam tahap pengembangan, yaitu versi Android P Developer Preview 1. Android P ini bisa juga dikatakan masih dalam versi Beta, yang baru bisa diujicoba atau dijalankan pada seri smartphone tertentu saja, khususnya pada gadget Google Pixel. Sebagaimana diketahui bahwa dari seri terdahulu urutan nama Android selalu membawa unsur atau istilah makanan dan cemilan pada setiap seri teranyarnya. Dan pada Android terbaru versi 9 ini nama P sangat dimungkinkan merupakan singkatan dari Pistachio Ice Cream (es krim bertabur kacang Arab). Nama Android P ini sangat dimungkinkan akan dirilis secara resmi pada Mei 2018. Jadwal rilis perdana Android P atau Android 9 ini akan bersamaan dengan acara Konferensi I/O 2018 yang dilaksanakan oleh Google.

Sebaga OS Android terbaru, tentu saja Android P akan menghadirkan tampilan yag lebih fresh dan menarik, fitur yag lebih canggih, serta peforma sistem operasi dan security smartphone yang lebih handal dan tangguh daripada versi sebelumnya. Di Maret 2018 fitur Android 9 atau menu yang dihadirkan Android 9 memang belum diketahui dengan pasti, nemun ada beberapa bocoran gambar logo Android P dan fitur Android P, OS Android terbaru versi 9 yang patut untuk disimak. Seperti dikutip dari tekno.kompas.com, berikut kemungkinan 10 fitur Android P.

1. Fitur multi-kamera
Fitur untuk mendukung aplikasi kamera dari pihak ketiga, hal ini didasarkan pada trend teknologi kamera ganda. Sehingga pengembang bisa menyesuaikan aplikasi untuk mendukung multi-kamera di ponsel ber-OS Android P.
2. Fitur Gmail smart reply
Fitur berupa opsi jawaban otomatis dengan memanfaatkan algoritma machine learning, dimana user cukup menyentuh pilihan jawaban yang ada dan paling sesuai, sehingaa tak perlu mengetik teks panjang.
3. Tampilan “notch” yang mirip dengan iPhone X
Uji coba Android P Developer Preview 1 menghadirkan menu “Display Cutout”, dengan salah satu opsi menawarkan model layar penuh dengan memasang bingkai yang menjorok di bagian atas layar.
4. Melihat pesan gambar pada notifikasi
Fitur OS Android terbaru ini dengan fasilitas dimana user smartphone bisa melihat pesan gambar melalui notifikasi dengan cara menyentuh dan menarik ke bawah papan notifikasi.

5. Model volume vertikal
Fitur Android 9 dengan perubahan pada bar volume dari bentuk klasik atau mendatar, menjadi bentuk vertikal atau dari atas ke bawah. Selain itu, fitur screenshot akan muncul pop-up dengan cara menekan tombol power.
6. Zooming Text
Fitur zooming text untuk memperbesar teks pada Android P sehingga user bisa melihat lebih besar dan jelas teks yang diketik, dengan cara mengarahkan kursor pada teks yang diinginkan.
7. Fitur melihat peta indoor via aplikasi
Fitur Android P, OS Android terbaru versi 9 mengusung Wi-Fi protokol IEEE 802.11mc atau WiFi Round-Trip-Time (RTT), sehingga user mampu melihat peta ruangan atau indoor melalui aplikasi navigasi.

8. Peningkatan password otomatis
Skema penulisan password pada OS Android terbaru dan terbaik ini akan memperbaiki pengisian password otomatis yang dirasa kurang bagus pada versi Android Oreo.
9. Fitur kompresi foto

Fitur kompresi foto ini tentu saja akan lebih menghemat ruang penyimpanan smartphone atau ROM, sehingga proses transfer foto atau upload foto juga akan lebih cepat.
10. Memisahkan notifikasi percakapan
Fitur untuk memisahkan pemberitahuan antara obrolan atau chat grup dengan personal secara lebih jelas. Dimana  OS Android Pistachio Ice Cream akan menampilkan notifikasi yang jelas, sehingga user bisa memilih chat mana yang akan dibuka. Update informasi Android P adalah singkatan dari Pie, yang mana mulai Agustus 2018 sudah mulai dikenalkan sebagai sistem oeprasi pada beberapa seri smartphone. Salah satu fitur canggih dari Android Pie adalah dukungan pada Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI).