Area Sinyal 4G XL

Persaingan pasar smartphone dan tablet PC di tanah air sampai Mei 2017 masih bisa dikatakan cukup ketat, dimana vendor Asia khususnya dari negara Tiongkok dan Korea yang masih menjadi rajanya. Hp pintar dengan OS Android berteknologi jaringan 4G LTE adalah jenis smartphone yang kian banyak diminati dan dibeli oleh sebgian besar pengguna aktif handphone masa kini di Indonesai. Minat dan antusias para konsumen untuk memiliki Hp Android 4G juga tak lepas dari dukungan dan peran serta berupa layanan koneksi para provider selular di tanah air. Semua operator seluler di Indonesia, baik kartu GSM maupun CDMA, yaitu Simpati sebagai salah satu produk Telkomsel, Mentari dari Indosat Ooredoo, XL dan Axis dari XL Axiata, kartu Tri, Smartfren, dan Bolt terus meningkatkan layanan dengan memperkuat kestabilan sinyal kartu dan memperluas jangkauan atau coverage area 4G LTE di berbagai daerah di Indonesia. Selain peningkatan mutu layanan dan keamanan, serta kualitas jaringan di berbagai daerah di pelosok tanah iar, operator seluler tersebut juga terus berlomba dengan memberikan promo paket internet dan layanan data 4G LTE yang banyak bonus, tarif murah, kuota besar, paket harian, paket unlimited, paket internet bonus gratis akses YouTube, dan sebagainya.

Layanan penguatan sinyal dan daya jangkau area sinyal 4G LTE oleh operator seluler tersebut juga dibarengi dengan pemantauan atau pengawasan serta maintenance secara berkala agar kualitas sinyal tetap terjamin kuat, tidak lemah, tidak lelet atau lemot, tidak bermasalaah, sinyal tidak hilang, tetap muncul, dan tetap stabil. Maintenance ini tidak hanya di kota besar, namun juga sampai ke daerah-daerah atau wilayah pelosok yang sudah terjangkau oleh pancaran sinyal 4G LTE. XL merupakan salah satu operator selular besar dan senior di Indonesia yang pada 2017 juga terus mengembangkau cakupan area 4G LTE di berbagai kota dan desa di Indonesia. Informasi yang dikutip dari laman detik.com menjelaskan bahwa di April 2017, XL telah sukses menghadirkan sinyal 4G LTE di Balikpapan dan wilayah Samarinda, kemudian di Mei 2017 XL memperluas cakupan sinyal 4G di daerah propinsi Jawa Tengah dan Sumatera. Yang artinya bahwa mulai awal Mei 2017, warga masyarakat di daerah Sumatera Barat, Lampung, dan Jawa Tengah yang terbagi dalam 37 kabupaten dan kotamadya sudah bisa mengakses sinyal 4G dari kartu XL yang cepat, stabil, dan tidak lemot.

Perluasan cakupan atau coverage area 4G XL (XL 4G area) tersebut selain untuk memajukan kualitas informasi, komunikasi dan peningkatan  perekonomian masyarakat, juga sebagai tren akses internet atau layanan digital secara nasional yang terus meningkat sampai ke pinggiran kota atau desa. Menurut data yang disampaikan oleh Chief Service Management Officer XL Axiata, bahwa trafik layanan data XL yang paling dominan adalah akses video yaitu sebesar 40%. Ditambahkan bahwa XL Axiata sudah melayani pelanggan 4G LTE di 103 kota dan kabupaten dengan total konsumen lebih dari 15 juta. Rincian konsumen pemakai layanan internet XL di Lampung dan sekitarnya sebesar 88%, di Padang sebesar 70%, dan di Purwokerto Jateng sebesar 70%. Dimana pada 2 tahun ini telah terjadi lonjakan trafik data di Lampung sebesar 109% dan di Padang sebesar 28%.

Berdasarkan kondisi itu, maka XL Axiata terus mengembangkan jaringan dan infrastruktur 4G LTE yang dilakukan dengan prioritas utama di semua ibu kota propinsi di Indonesia,  kemudian ke depannya terus dilanjutkan di kota kabupaten, dan seterusnya sampai di kecamatan dan wilayah desa. Hal ini dimaksudkan agar layanan internet bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat, baik secara individu, organisasi, pelaku bisnis, perusahaan, sampai ke tingkat pemerinathan. Jumlah BTS 4G XL di wilayah Lampung yang tersebar di 13 kabupaten sebanyak 200 BTS. Sedangkan jumlah BTS 4G XL yang tersebar di 18 kota/kabupaten wilayah Sumatera Barat total sebanyak 240 BTS. Sementara untuk layanan sinyal 4G XL di Jawa Tengah, khususnya di Purwokerto dan sekitarnya dalam 2 tahun terakhir juga terus mengalami peningkatan sampai hingga 52%.

Di 2017 sebanyak 70% dari konsumen di 5 kabupaten di sekitar Purwokerto juga telah aktif mengakses layanan data XL Axiata. Pelanggan di 5 kabupaten tersebut  juga mulai bisa mengakses layanan 4G XL. Kota-kota tersebut yaitu Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, dan Purbalingga. Total BTS 4G XL yang tersebar di 5 kabupaten tersebut sebanyak 310 BTS. Layanan sinyal 4G XL tersebut juga akan langsung diperluas sampai akhir 2017 ke arah timur, yang menjangkau wilayah lain di Jawa Tengah, yaitu di kabupaten Purworejo, Wonosobo, Kendal, Kudus, Purwodadi, Jepara, Pati, Sragen, Wonogiri, dan Klaten. Target perluasan area sinyal 4G XL tersebut minimal 17 ribu BTS untuk menopang layanan 4G di 330 kabupaten/kota.