BlackBerry Aurora C100-1, BB Android Merah Putih

Tahun 2017 sudah memasuki bulan ketiga atau bulan Maret dimana persaingan produk dan pabrikan ponsel pintar atau smartphone di tanah air semakin ketat, tidak hanya diramaikan dengan merk dan seri dari luar negeri kelas dunia, China, Jepang, dan Korea, namun juga dari produk smartphone rakitan lokal dalam negeri. Ragam jenis platform, fitur, spesifikasi, desain, harga, kecanggihan, kelebihan dan kekurangan masing-masing dari merk dan seri smartphone yang ada di pasaran Indonesia sekarang ini akan memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam memilih dan membeli smartphone anyar di Maret 2017. Karena begitu banyaknya pilihan dari seri dan merk smartphone Android maupun non Android yang bisa dimiliki sesuai dengan rank harga yang ada, yaitu Hp pintar harga sangat murah di bawah Rp 1 juta, ponsel LTE harga murah terjangkau maksimal Rp 2 juta, harga Hp 4G menengah kisaran Rp 3 juta – Rp 5 juta, dan harga ponsel 4G canggih kelas premium.

Tahun 2017 juga menjadi tahun kebangkitan kembali dari smartphone merk Nokia dan BlackBerry yang sempat vakum dan berhenti di beberapa tahun kemarin dalam merilis dan memproduksi smartphone teranyar mereka. Sampai Maret 2017 ini Nokia (lisensi HMD Global) telah merilis beberapa smartphone Android terbaru dengan seri Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3, dan ponsel non-Android Nokia 3310 Reborn. Kemudian BlackBerry juga tak mau ketinggalan di awal 2017 membuat ponsel BB Android terbaru yakni seri BlackBerry KeyOne atau BB Mercury, dan BlackBerry Aurora C100-1 (BB Aurora C100-1) atau yang bisa disebut sebagai BlackBerry Merah Putih (BB Merah Putih). Disebut sebagai BB Merah Putih karena memang BlackBerry ber-OS Android ini khusus dirakit dan dipasarkan di Indonesia, melalui PT BB Merah Putih yang dipimpin oleh PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk. Pabrik yang membuat atau yang merakit BB Aurora C100-1 (BB Merah Putih) adalah pabrik yang berlokasi di Cikarang. Salah satu ciri khas BB yang selalu ditampilkan dengan papan tombol atau keyboard qwerty, pada BB Merah Putih tidak ditemukan, karena desain BB Merah Putih adalah full touch screen layaknya smartphone 4G merk lain. BB Aurora bukan merupakan kelas ponsel BB Android murah, namun ada pada kelas menengah yaitu dengan kisaran harga Rp 3,5 juta.

Fitur dan spesifikasi lengkap BlackBerry Aurora :

OS : Android 7.0 Nougat
Prosesor / CPU : quad-core 1.4 GHz, chipset Qualcomm Snapdragon 425, GPU Adreno 308
Jaringan : 4G sinyal GSM Dual SIM speed GPRS 3G HSDPA UMTS LTE
Layar : 5,5 inch resolusi 1.280 x 720 pixel. tipe HD IPS LCD, multitouch screen, 16M color
RAM : 4 GB, Memori internal (ROM) : 32 GB, Memori eksternal : microSD up to 256GB
Kamera utama (rear camera) : 13 MP, fitur autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, rekam video kualitas Full HD 1080p@30fps
Kamera depan (front camera) : 8 MP, 1080p camcorder
Bluetooth versi 4.1, A2DP, LE, EDR, WLAN, HotSpot, Direct, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wifi Tethering
Aplikasi : support aplikasi BBM, Calculator, Java Emulator, Whatsapp, Clock, Wechat, Game HD, Line, E-mail, Browser, GTalk, Media Player, Instagram, YouTube, E-book Reader, foto, musik, video editor, Push Email, Sound Recorder, dll.
Sensor : accelerometer,  proximity, GPS : A-GPS, GLONASS
Audio Record, Radio FM, Video Player : MP4/H.264/H.263/WMV player, MP3 Player : MP3/eAAC+/WMA/WAV/Flash player
Micro-USB type-C, support OTG, Audio Port 3.5mm, kualitas suara stereo
Baterai : Non-Removable tipe Li-Ion kapasitas 3000 mAh
Dimensi : 152 x 76 x 8 mm, Berat : 178 gram, Pilihan warna : Hitam, Gold, Silver
Harga BB Aurora C100-1 (pre-order di Online Shop) pada Maret 2017 kisaran Rp 3.500.000

Dari fitur, spesifikasi, dan harga BlackBerry Aurora C100-1, BB Android Merah Putih di atas, review BlackBerry Merah Putih dapat berkesimpulan secara singkat tentang plus dan minus smartphone ini. Untuk beberapa fitur unggulan atau kelebihan BB Merah Putih seperti Hp BB Android LTE dual SIM On, OS Android Nougat, bodi slim dan elegan, layar besar, RAM dan ROM cukup besar, resolusi kamera depan dan belakang cukup tinggi dengan fitur bagus, dan support OTG. Sementara belum ada informasi lebih spesifik BB Aurora C100+1 (termasuk kekurangan atau kelemahan) tentang ada tidaknya fitur proteksi layar Corning Gorilla Glass, sensor fingerprint, fitur quick charging, dan kualitas rekam video belum 4K.