Cara Memperbaiki Memory Card Rusak

Memory card (MMC) atau kartu memori atau kartu SD atau micro SD atau yang bisa disebut juga sebagai memori eksternal merupakan salah satu media simpan yang paling terkenal dan banyak digunakan sampai saat ini. Penggunaan memory card sebagai media simpan (storage media) banyak dipakai pada jenis gadget masa kini, seperti kamera, handy cam, smartphone, pablet, tablet, iPad, dan lain-lain. Begitu banyak merk dan kapasitas memory card yang ada sampai di 2018, dimana dengan ragam kualitas, keawetan, dan harga yang dipatok. Semua merk kartu memori tersebut bersaing untuk menjadi salah satu memory card terbaik di kelas dan kapasitasnya masing-masing, meskipun juga ada beberapa merk micro SD terkenal yang dibuat tiruan ataupun versi KW.

Memory card KW tentu saja kualitasnya tidak sebagus kartu memori orisinil atau asli, selain itu kapasitas MMC juga tidak real atau lebih rendah dari kapasitas yang tertulis. Kelas dan kualitas micro SD sangat mempengaruhi pada kecepatan transfer data, daya tahan, dan awet tidaknya memory card untuk digunakan. Sebagai sebuah produk elektronik tentu saja hal wajar jika terjadi sebuah erorr atau kerusakan, termasuk kerusakan pada memory card. Kerusakan kartu memori (MMC tidak kebaca) bisa disebabkan faktor internal maupun eksternal, seperti karena terkena air, terbakar, terkelupas, tergores, dan sebagainya. Selain itu, micro SD rusak juga seringkali karena hal yang tidak bisa terlihat secara fisik, sehingga membuat kita bingung untuk mengetahui penyebab kartu memori rusak.

Kerusakan kartu memori yang tidak bisa terlihat penyebabnya atau cacat secara fisik memang sebaiknya jangan buru-buru dibuang, terlebih lagi apabila di dalamnya terdapat data atau dokumen berharga dan file penting. Banyak tips atau cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kartu memori rusak, termasuk usaha untuk mengembalikan data pada micro SD yang rusak (recovery memory card). Kerusakan memory card bisa dalam kategori rusak ringan maupun berat atau memory card rusak total. Secara umum tanda memory card rusak adalah memory card tidak terbaca di PC, tablet, kamera, dan Hp. Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat seringkali bisa dilakukan pada jenis keusakan ringan, dengan menggunakan aplikasi memperbaiki kartu memori atau software recovery SD card.

Tips trik dan cara memperbaiki memory card rusak :
1. Membersihkan micro SD

Cara memperbaiki memory card rusak atau kartu memori tidak terdeteksi adalah dengan menggosok perlahan bagian lempengan tembaga (kuningan). Jika sudah terlihat lebih ebrsih, masukkna kemabli kartu memroi ke ponsel atau tablet, dan cek apakah memori bisa kembali terbaca atau tidak.
2. Format dari Hp
Cara memperbaiki kartu memori rusak bisa dilakukan dengan fomat melalui ponsel atau smartphone Android. Untuk cara ini, tentu saja semua data atau file, seperti foto, musik, lagu, film, dan file lain akan hilang dan terhapus.

3. Cek error memory card dari laptop
Pasang kartu memori ke MMC adapter atau masukkan ke slot memori yang ada di, lalu buka Windows Explorer, kemudian klik kanan di Drive memory card. Setelah itu klik Properties – kemudian Tools – lalu Error Checking. Setelah selesai, cek kartu memori apakah bisa terbaca dengan baik atau tidak. Cek bisa langsung lewat Windows Explore, maupun dengan memasukan kembali micro SD ke handphone.
4. Format kartu memori dari komputer
Apabila kartu memori terbaca dengan baik di PC namun tidak bisa terbaca di Android, maka tips memperbaiki micro SD tersebut adalah lebih dlu dengan melakukan back up data kartu memori ke PC, kemudian lakukan format full pada memory card tersebut.
5. Software Recovery Data
Cara memperbaiki memory card rusak untuk kasus kerusakan atau memory card error yang tidak bisa dibaca di smartphone maupun komputer, Anda bisa menggunakan tool atau software recovery data memory card yang handal dan ampuh. Dimana software ini seringkali bisa melakukan back up data atau menyelamatkan data yang ada pada memroy card.