Cara Mempercepat Kinerja iPhone Yang Lemot

Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi dan sebagai alat teknologi informasi yang paling sering digunakan oleh banyak orang di saat ini. Faktor kecanggihan teknologi, daya kerja, performa dan fitur unggulan yang ada merupakan faktor yang menjadikan smartphone menjadi sebuah alat yang penting, baik untuk membantu pekerjaan dan bisnis, sekolah, media komunikasi modern, akses internet cepat, streaming video, fotografi, dan sebagainya sampai pada fungsi sebagai media untuk hiburan dan bermain game. Smartphone yang paling dikenal saat ini adalah jenis Android, iPhone, BlackBerry, dan Windows Phone, dimana Hp Android merupakan yang paling laris dan banyak dipakai di seluruh dunia. Kinerja smartphone tentu saja sama halnya kinerja pada gadget lain, seperti kinerja tablet PC dan performa laptop atau komputer, dimana apabila sudah sering digunakan dan dipakai, maka lambat laun kerjanya akan terasa lambat, lelet, atau lemot. iPhone merupakan jenis ponsel canggih yang banyak dipilih oleh user, salah satunya karena faktor tampilan atau antarmuka yang simple dan elegan, serta kinerja yang powerful dan lancar.

Seperti halnya pada gadget lain yang berjenis smartphone, selain karena faktor kelas dan spek hardware pendukung, faktor usia dan cara pakai serta perawatan iPhone akan mempengaruhi pada kinerja iPhone. Performa iPhone akan terasa melambat, terutama pada iPhone generasi lama yaitu iPhone 5, iPhone 4s, iPhone 4 ke bawah, atau penyebab iPhone menjadi lemot dan tidak lagi lancar yaitu apabila user tidak merawat iPhone dengan baik dan benar, seperti tidak upgrade iOS dengan benar, tidak refresh iPhone, tidak hapus chace files, dan sebagainya. Apabila kinerja dan performa iPhone sudah tidak smooth, lancar, atau tidak gesit seperti iPhone masih baru, maka Anda perlu mengetahui tips trik untuk melakukan cara agar kinerja iPhone bisa kembali bagus dan kencang, tanpa perlu instal aplikasi mempercepat iPhone.

Seperti dirangkum dari KompasTekno, berikut ini langkah-langkah atau tahapan cara mempercepat kinerja iPhone yang lemot atau solusi jika iPhone lelet dan lambat :
1. Restart
Restart iPhone adalah cara termudah dan cepat dan sebagai solusi apabila iPhone sudah mulai melambat dan lemot. Dengan merestart iPhone, maka semua cache yang tidak berguna akan dihapus. Cara restart iPhone : tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan slide switch di layar untuk mematikan iPhone. Ketika mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake sampai logo Apple muncul.
2. Matikan efek visual
Matikan efek visual di iPhone untuk mempercepat kinerja iPhone menjadi lebih stabil. Cara mematikan fitur efek di iPhone adalah, masuk ke menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast, kemudian ubah menu Reduce Transparency ke On. Lalu Anda bisa juga mematikan fitur motion dengan cara masuk ke Settings > General > Accessibility dan aktifkan Reduce Motion menjadi On.

3. Delete aplikasi dan game iPhone yang tidak dipakai
Anda periksa semua game dan aplikasi yang terpasang di iPhone, lalu uninstall game dan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, meskipun memori penyimpaan (ROM) masih tersisa banyak. Ini dilakukan karena game dan aplikasi yang jarang dipakai/sudah tidak digunakan akan memenuhi ROM dan berpotensi memberatkan sistem, misalnya saat berjalan di background.
4. Matikan Background App
Ada aplikasi yang tetap berjalan di belakang sistem yang sedang dibuka (background), seperti update konten dan sinkronisasi data. Cara mematikannya, menu Settings > General > Background App Refresh, lalu pilih beberapa aplikasi untuk dimatikan
5. Matikan Siri
Fitur pribadi pada sistem iOS ini dapat memberikan saran saat melakukan pencarian dalam iOS 9, tapi efek negatifnya bahwa fitur Siri ini membuat kinerja iPhone menjadi agak lemot. Cara mematikan Siri ; Settings > General > Spotlight Suggestions > Siri Suggestions. Fitur lain yang rentan membebani sistem yaitu “Hey Siri.” Untuk mematikan, masuk ke Settings > General > Siri.
6. Matikan download otomatis
Caranya ; Settings > App and iTunes Stores. Apabila iPhone menjadi satu-satunya gadget yang terhubung ke Apple ID, maka biarkan pilihan ini menyala (On). Tapi jika Anda mempunyai banyak perangkat dengan satu Apple ID, maka perangkat lain yang  melakukan update, sebaiknya melalui koneksi WiFi dan matikan menu Use Cellular Data lewat Menu Settings > App and iTunes Stores.

7. Gunakan aplikasi default
Aplikasi standar bawaan iPhone sudah dirancang untuk bekerja secara lebih baik dan stabil, meski terkadang secara fungsi aplikasi tersebut kurang maksimal. Namun saat iPhone lemot, aplikasi default merupakan solusi terbaik untuk kembali bisa mempercepat kinerja iPhone.
8. Bersihkan browsing history
Rutin membersihkan browsing history di  Safari 2 minggu sekali, dengan cara Settings > Safari > Clear History and Website Data.
9. Hapus file lama
Menghapus file lama yang sudah di-backup, akan  memperlancar kinerja sistem iPhone. Caranya ; Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage,  lalu hapus file yang tidak dipakai lagi. Anda bisa juga install ulang beberapa aplikasi untuk menghapus data cache.
10. Reset setting iPhone
Cara merefresh Hp iPhone atau mereset iPhone menjadi tips terakhir yang bisa dilakukan sebagai solusi iPhone lemot dan lelet, apabila cara mempercepat kinerja iPhone yang lemot  di atas tidak bisa mengatasi iPhone lelet. Catat dulu Apple ID dan passwordnya, sebelum Anda mereset iPhone. Cara mereset iPhone : Settings > General > Reset > Reset All Settings.