Cara Merawat Baterai iPhone Agar Awet

Pemakaian smartphone atau ponsel pintar di saat ini memang semakin meningkat dan kian tinggi intensitasnya yang disesuaikan dengan ragam kebutuhan masing-masing user. Tidak hanya para remaja, usia produktif, orang dewasa, sampai para orang tua yang aktif menggunakan smartphone, namun anak-anak di jaman sekarang juga tak sedikit yang setiap hari selalu asyik beraktifitas dengan telepon selulernya, meskipun hanya untuk sekedar bermain game atau menonton video streaming. Platform Hp canggih saat ini memang didominasi oleh OS Android, kemudian disusul oleh OS Apple dengan produk iPhone, BlackBerry, lalu Windows Phone. Semua smartphone tersebut dibuat dengan aneka ukuran layar, speed prosesor, resolusi kamera, kapasitas RAM dan ROM, dan fitur canggih juga fasilitas modern yang lainnya, sampai pada kapasitas baterai yang beragam pula.

Sampai di Juli 2017 sudah semakin banyak smartphone yang dibuat dengan mengusung daya tahan baterai awet dengan power baterai yang besar, bahkan jumbo sampai kapasitas baterai 6000 mAh. Selain itu tak sedikit juga baterai smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi berupa isi batere cepat dengan fitur  fast charging atau quick charge. Sebagian besar jenis baterai yang terpasang pada smartphone masa kini adalah jenis Lithium Ion dan Polymer dengan model non-removable atau menyatu dengan Hp, sehingga tidak bisa dilepas atau diganti-ganti dengan mudah. Meskipun masih juga ada beberapa seri dari berbagai merk ponsel pintar yang masih menggunakan jenis baterai removable. Penggunaan ponsel dengan intensitas tinggi dan rutin setiap hari, terlebih lagi apabila cara perlakuan pemiliknya dalam merawat baterai Hp kurang tepat, maka tak bisa dipungkiri akan lebih cepat menguras daya tahan baterai. Dan dalam jangka panjang juga otomatis akan menyebabkan baterai Hp lebih cepat habis, batere Hp mudah drop, baterai gampang lowbet, umur baterai tidak lama, bahkan baterai akan rusak dan batre mati total atau baterai ponsel matot.

Solusi batere yang mati atau rusak untuk jenis baterai Hp removable tentu saja bisa dengan mudah kita beli yang baru lalu kita pasang sendiri. Namun untuk jenis baterai non-removable, maka solusi dan cara untuk mengganti baterai yang matot adalah dengan bantuan di tempat reparasi atau konter tempat servis Hp. Bagi Anda yang memiliki iPhone maupun smartphone ber-OS lain, terlebih lagi ponsel yang tipe baterai non-removable, maka perawatan dan perlakuan sehari-hari terhadap smartphone Anda, akan berdampak pada awet atau tidak awetnya baterai smartphone tersebut. Dikutip dari tekno-liputan6.com, berikut ini beberapa panduan, tips atau cara merawat baterai iPhone agar awet, tahan lama, dan berumur panjang :

1. Matikan Widget yang tak dipakai
Tips menghemat baterai iPhone ini dilakukan dengan cara ; posisi di layar iPhone, geser layar ke bawah > geser ke kiri > pilih Today > geser ke paling bawah > Edit > Tutup aplikasi yang tidak terpakai
2. Menutup aplikasi yang tidak digunakan
Hemat batre iPhone selain mematikan Bluetooth dan Wifi saat tidak dipakai, juga dengan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Cara ini merupakan upaya untuk meminimalkan proses multitasking pada iPhone.
3. Matikan fitur Reduce Motion
Cara hemat baterai iPhone, agar kedepannya baterai iPhone menjadi lebih awet, bisa dilakukan dengan non-aktifkan fitur reduce motion. Dengan cara : klik Settings > General > Accessibility > Reduce Motion > Matikan Reduce Motion.
4. Kalibrasi baterai
Maksud kalibrasi baterai ponsel yaitu proses menghabiskan daya baterai sampai kosong (0 persen), kemudian dalam kondisi mati, baterai diisi (di-chas) sampai penuh 100 persen. Cara kalibrasi baterai iPhone bisa dilakukan secara rutin 3 minggu atau sebulan sekali.

5. Low Power Mode
Fitur hemat baterai iPhone sampai 20% ini bisa dilakukan dengan mudah, caranya ; klik Settings > Battery > Geser Low Power Mode. Efek dari Low Power Mode adalah penurunan kinerja pada efek visual, proses download, dan Siri
6. Matikan fitur Background App Refresh
Trik hemat baterai iPhone supaya awet ini melalui cara ; klik Settings > General > Background App Refresh, lalui pilih dan tentukan mana aplikasi yang akan diaktifkan
7. Nonaktifkan Location Services
Cara merawat batre iPhone agar awet yang berikutnya adalah apabila Anda memang tidak sedang mencari suatu alamat atau lokasi tertentu, maka sebaiknya matikan saja fitur location services di iPhone. Dengan cara ;  klik Settings > Privacy > Location Services > Geser Location Services.