Cara Merubah Hp 3G ke 4G LTE

Koneksi internet dengan kecepatan 4G LTE semakin dikembangkan di Indonesia melalui beberapa operator seluler dan telepon kabel di berbagai daerah dan wilayah tanah air, seperti oleh Telkomsel (Speedy, Simpati, As), Indosat Ooredoo (Mentari, IM3, Matrix), XL Axiata (XL, Axis), Three (3), Smartfren, Bolt, First Media, dan lain-lain. Peningkatkan kualitas sinyal 4G LTE oleh ragam operator selular tersebut dilakukan dengan beberapa cara seperti perpindahan frekuensi (Band) dari sinyal 3G HSDPA ke 4G LTE, peningkatan kualitas dan kestabilan sinyal 4G melalui pembangunan pemancar transmisi atau tower di berbagai tempat, pendirian titik hotspot 4G di beberapa kota besar, dan produksi simcard atau kartu dengan chip berteknologi 4G LTE. Tidak hanya di kota-kota besar setingkat propinsi saja, namun pada Maret 2017 jangkauan sinyal atau coverage area 4G LTE dari kartu seluler Indonesia telah meluas di berbagai kota kabupaten, kecamatan, dan juga desa.

Perluasan sinyal 4G LTE dari operator seluler akan terus ditingkatkan agar semakin jauh dan stabil jangkauannya hingga mencapai beberapa pelosok daerah di tanah air. Sejalan dengan kemajuan di bidang teknologi sinyal 4G LTE oleh operator dengan produk simcard tersebut, maka konsumen sebagai pengguna telepon, smartphone, tablet, modem, dan juga gadget lain yang sudah mendukung koneksi internet akan merasa perlu untuk bisa menikmati kualitas dan kecepatan dari sinyal 4G LTE. Dari sisi penyedia jasa atau produsen kartu yang dalam hal ini adalah operator telah menyiapkan SIMcard 4G LTE berupa kartu perdana, maupun layanan berupa upgrade dari kartu 3G ke kartu 4G LTE. Disamping itu sebagai ajang untuk memperluas jangkauan pasar dan jumalh konsumen, maka semua operator membuat program berupa promo, bonus, serta paket data murah dan kartu perdana internet murah khusus di jaringan 4G LTE. Paket data berupa promo 4G LTE tentu saja sangat menarik dan diminati oleh konsumen yang sangat hobi browsing internet, download file besar, upload video, dan streaming video, maupun menonton TV secara online, karena harga murah dan kuota yang didapat melimpah.

Untuk konsumen yang di wilayah kota kabupaten, kecamatan, atau desanya sudah tercover dengan sinyal 4G LTE, maka ada beberapa hal atau syarat yang harus dipenuhi untuk dilakukan, agar Anda bisa mengakses sinyal 4G tersebut melalui smartphone, modem, tablet, atau gadget lain yang sudah support dengan koneksi internet.
Cara untuk bisa menggunakan sinyal 4G LTE antara lain :
A. Cara relatif mahal tapi praktis

1. Smartphone, tablet, modem, modem wifi (mifi) atau router Anda harus sudah mendukung teknologi 4G LTE
2. Simcard atau chip kartu selular Anda sudah tipe 4G LTE
3. Apabila kartu masih 3G, maka kartu harus diupgrade menjadi kartu 4G. Cara upgrade kartu 3G ke 4G LTE bisa dilakukan sendiri, maupun melalui galeri resmi operator seluler terdekat, atau bisa juga secara manual dengan membeli kartu perdana 4G
4. Pastikan bahwa kartu atau Simcard 4G yang dimiliki sudah benar-benar ada sinyal 4G-nya di tempat Anda, hal tersebut bisa di tes dengan cara memasang kartu 4G ke ponsel 4G untuk mendeteksi secara otomatis atau bisa juga dengan menanyakan melalui call center ke operator kartu masing-masing.
5. Apabila sinyal 4G kartu yang digunakan sudah ada di lokasi Anda, maka masukkan kartu 4G tersebut pada slot smartphone yang sudah 4G. Karena masih cukup banyak Hp Android 4G yang ada saat ini, terutama yang harganya murah di bawah Rp 2 juta, dimana slot 4G LTE nya hanya support pada slot SIM kesatu.
Cara dengan membeli smartphone 4G dan kartunya adalah praktis, karena kita bisa membawa dan menggunakan sinyal 4G kemana-kemana tanpa perlu membawa perangkat 4G lainnya.

B. Cara relatif lebih murah
Kelima cara di atas bisa dikatakan sebagai cara relafit mahal, karena memang syarat untuk bisa menggunakan dan menikmati sinyal 4G LTE kita harus membeli smartphone, tablet yang sudah 4G. Memang sudah cukup banyak produk Hp Android 4G murah dengan harga Rp 1 juta, bahkan untuk produk atau pabrikan lokal ada yang harganya Rp 600 ribu, namun terkadang sinyal 4G nya tidak support dengan kartu selular yang Anda kehendaki. Apabila Anda tidak sendirian di rumah, kontrakan, atau di kost-kostan, dan kebanyakan dari penghuni adalah suka sekali akses internet (internet mania), namun smartphone yang digunakan masih 3G, maka ada beberapa tips untuk merubah Hp 3G menjadi 4G LTE, Cara merubah Hp 3G ke 4G LTE antara lain :
1. jual atau tukar tambah Hp 3G tersebut dengan Hp 4G LTE
2. pastikan smartphone ada fitur wifi hotspot
3. beli router mifi 4G beserta kartu 4G yang disupport, lalu aktifkan paket data internetnya, lalu akses dengan fitur Wifi di Hp 3G Anda, hal ini tentu akan lebih murah apabila yang hendak akses 4G lebih dari 2 orang dalam satu tempat
4. beli modem 4G LTE, isi dengan kartu 4G berkuota internet, pasang ke laptop atau komputer, dan share internet 4G-nya melalui software wifi di laptop atau PC, lalu akses melalui Hp 3G Anda
Cara merubah Hp 3G menjadi 4G tanpa mengganti Hp yang paling murah dan relatif murah, terlebih lagi apabila koneksi internet digunakan beramai-ramai adalah dengan menggunakan router 4G, sehingga arti merubah disini adalah merubah fungsi koneksi internetnya, dari ponsel 3G menjadi ponsel bisa akses sinyal 4G melalui wifi dari router 4G LTE.