Cara Root Android Tanpa PC

Di jaman ini dimana smartphone dan tablet dengan OS Android semakin banyak dijumpai dimana saja, baik yang dipegang oleh anak sekolah sampai para lanjut usia. Bahkan di beberapa rumah atau tempat umum banyak dijumpai anak-anak balita atau bahkan di bawah 5 tahun yang sudah sangat familiar memainkan gadget Android tersebut, dari sekedar untuk menonton film kartun maupun bermain game anak. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan tersebut, maka jasa reparasi smartphone dan tablet Android atau bengkel Hp juga semakin tumbuh subur dan sangat mudah ditemukan, bahkan di tempat yang jauh dari perkotaan. Mengingat peluang usaha service ponsel Android rusak semakin terbuka lebar dan meningkat, maka banyak yang berusaha untuk memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih lagi di saat ini semakin mudah dan banyak cara agar bisa belajar service Hp Android, meskipun tanpa melalui kursus langsung pada teknisi Hp, namun bisa dengan jalan otodidak atau belajar sendiri melalui buku, panduan, ebook, dan tutorial service smartphone online di internet.

Cara atau panduan service Hp Android bisa dengan melalui bantuan video tutorial service ponsel, mengikuti tanya jawab dan pembahasan atau diskusi di forum reparasi Hp, membaca panduan di blog tentang kerusakan dan cara memperbaiki smartphone rusak, dan mempraktekan panduan tips trik service Hp dengan mudah, dan sebagainya. Panduan service dan reparasi Hp Android memang beragam dari tingkatan yang paling sederhana sampai yang sangat rumit karena sudah menyangkut pada kerusakan hardware smartphone atau tablet Android. Tingkatan yang paling sederhana dan tidak memerlukan alat maupun software khusus, adalah saat kita hendak melakukan root Hp Android maupun factory reset, upgrade OS, dan flashing untuk beberapa seri ponsel Android. Kita bisa melakukan perbaikan atau reparasi smartphone error ringan tersebut dengan menggunakan perangkat berupa PC atau komputer dan kabel data, serta beberapa file ROM untuk kebutuhan flash dan upgrade OS. Sementara untuk keperluan root Hp Android atau root tablet, kita tidak harus menggunakan PC atau laptop, karena hal itu sudah bisa dilakukan langsung dari smartphone dengan bantuan aplikasi root Android.

Pengertian rooting adalah upaya dan prosedur atau oprek untuk memodifikasi fungsi smartphone atau tablet Android agar bisa lebih maksimal fitur dan kompatibel dari sekedar settingan standar bawaan dari pabrik ponsel, terutama yang berkaitan dengan pembatasan akses dari OS Android. Beberapa fungsi root pada Hp Android seperti ; meningkatkan kinerja RAM, memindah aplikasi ke memori card, upgrade versi Android, lebih support untuk menjalankan game atau aplikasi tertentu, dan lain-lain. Saat ini, dimana ponsel Android 4G sudah semakin bagus spesifikasi dan fiturnya, sehingga proses rooting bisa dilakukan tanpa PC, alias bisa dilakukan langsung di smartphone. Berikut ini tips trik terbaik dan termudah tentang proses dan cara root Android tanpa PC dan hanya menggunakan aplikasi Android yang bisa dipilih sesuai kelebihan dan kelemahan masing-masing aplikasi, lalu download di Google Play Store, install APK, dan jalankan aplikasi untuk me-root Hp atau tablet Android.
1. Superuser,
aplikasi gratis untuk root Android dengan cara simple yang dapat melakukan multiple root pada beberapa aplikasi/game, namun hanya cocok digunakan pada Hp atau tablet dengan spesifikasi prosesor dan GPU yang bagus/tinggi
2. SuperSU Pro,
aplikasi root berbayar yang sangat mudah dan cepat dalam proses multiple root di Hp atau tablet Android. Proses root via SuperSU Pro bisa dijalankan dengan menekan tombol shortcut *#*#1234#*#* or *#*#7873778#*#*
3. Superuser X(L),
aplikasi root gratis yang memiliki fitur lebih lengkap dan cukup rumit dalam menjalankannya, sehingga aplikasi ini lebih dikhususkan bagi para user yang sudah ahli dalam rooting Android. Ponsel atau tablet yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah yang prosesornya berbasis ARM
4. Framaroot,
aplikasi root Android gratis yang termasuk paling sering digunakan untuk root Android yang kompatibel hampir di semua merk dan seri Hp atau tablet Android. Selain itu untuk melakukan root juga sangat mudah karena hanya perlu dengan melakukan satu klik, maka proses root akan berjalan sampai selesai.
5. Towelroot,
salah satu aplikasi root Android terbaik, bagus, simple dan banyak digunakan, serta paling sukses karena mampu melakukan root pada Samsung Galaxy S3 (sempat diklaim sebagai Hp yang tidak bisa diroot), dan juga kompatibel untuk hampir semua seri dari merk smartphone yang ada saat ini.