Emulator Android Terbaik dan Gratis 2016

emulator android untuk pcDaya tarik platform Android semakin hari semakin dikagumi, selain karena sebagai platform atau OS gratis (open source), Android juga konsisten dalam penyempurnaan versinya dari waktu ke waktu. Daya tarik OS Android ini juga karena dukungan para pengembang atau pembuat aplikasi, software serta hardware yang semakin beragam. OS Android tidak hanya dipasang pada smartphone dan tablet PC, saja namun juga pada perangkat gadget dan elektronik canggih lain, seperti pada smart TV, smart watch, VR headset, dan sebagainya. Sebagai dampak positif lain dari kemajuan Android adalah dengan begitu banyaknya aplikasi dan game yang bisa didownlaod dan dimainkan, baik secara online maupun offline.

Keragaman aplikasi, game, serta fitur menarik dan canggih yang ada pada OS Android membuat banyak pembuat dan pengembang software untuk membuat emulator Android untuk PC atau laptop. Tren menjalankan OS Android pada parangkat laptop dan komputer, serta kegemaran bermain game Android pada layar PC semakin meningkat di banyak negara, termasuk di Indonesia. Ada 3 cara atau tips menjalankan Android di komputer, yaitu dengan emulator maupun tanpa emulator Android. Cara pertama, menjalankan Android tanpa emulator Android adalah dengan menggunakan Android bootable flashdisk atau live bootable Android USB, yaitu memfungsikan perangkat komputer atau laptop menjadi perangkat Android yang mana file sistemnya dijalankan lewat USB atau flashdisk. Cara yang kedua, (tanpa emulator) adalah dengan menjadikan OS Android di install berdampingan dengan OS PC (Windows, Mac, Linux) menjadi dual boot atau remix OS Windows dan Android.

Sedangkan cara ketiga, adalah cara menjalankan Android di Windows system (menjalankan OS Android di dalam OS komputer) dengan menggunakan software emulator Android untuk PC. Sampai 2016 sudah banyak emulator Android untuk PC yang sudah diciptakan oleh banyak pengembang software dan aplikasi emulator (simulator), dari yang lisensi gratis sampai premium, dari emulator yang memiliki fitur lengkap, bagus, dan fast loading, sampai emulator Android yang fiturnya simple, agak lambat kinerjanya, dan terasa berat saat digunakan. Berikut ini daftar dari beberapa emulator Android terbaik dan gratis 2016 :
1. Andy, adalah emulator Android yang bisa dipasang (install) pada OS Windows dan Mac dengan beragam fitur menarik seperti ; full Android UI, Google Play Store,  App Sync to Mobile,  Phone as Controller, Android access to local File System, OpenGL Hardware support, Multi-Touch support, Cloud Save in Android, X86 native apps, Xbox/PS controllers support, Run Apps from Desktop, dll. Ukuran download file master Andy emulator offline installer adalah 456 MB.
2. Bluestacks, merupakan emulator Android untuk PC terkenal dan termasuk paling banyak digunakan karena banyak fitur yang menarik dan dukungan yang powerful untuk stream, watch, dan play semua aplikasi juga game Android pada sebuah laptop atau PC. Ukuran download file master Bluestacks offline installer sebesar 309 MB.

3. Droid4X, adalah simulator Android yang bisa dipasang (install) pada OS Windows, Mac, dan iOS dengan beragam fitur menarik seperti ; unlimited  multiplayer windows, playstore incorporate, simpan file download langsung ke PC, dll. Ukuran download file master Droid4X online installer sebesar 9 MB.
4. Geniemotion, merupakan emulator Android untuk PC yang akhir-akhir ini menjadi pesaing berat dari Bluestacks, karena kinerja Geniemotion oleh sebagian user dianggap lebih ringan dan cepat daripada Bluestacks. Banyak fitur yang menarik dan dukungan yang powerful untuk gaming, streaming, run aplikasi, virtual box, openGL technology, interface yang simpel, dll. Ukuran download file master Geniemotion offline installer sebesar 117 MB.
5. Memu, adalah emulator Android gratis yang bisa di install pada OS Windows 7, 8, 10 dengan beragam fitur menarik, dan juga mengklaim lebih powerful, lebih ringan, dan lebih cepat kinerjanya dibandingkan dengan Bluestacks. Ukuran download file master Memu offline installer sebesar 263 MB.