Merk dan Seri Modem USB Support Remix OS

Bermain game Android di laptop, netbook, komputer atau desktop PC bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, asalkan kita mengetahui tips, panduan, tutorial atau langkah, cara setting atau pengaturan dan instalasi aplikasi atau software maupun OS pendukungnya. Tidak hanya bermain game Android di laptop atau PC namun untuk menjalankan semua aplikasi Android dan mengoperasikan semua fitur dan fungsi Android yang ada di smartphone atau tablet bisa dengan mudah dilakukan di komputer. Ada 2 jenis software penting yang harus dipilih untuk di download secara gratis, lalu diinstal di laptop atau PC sebagai syarat utama agar Android bisa dimainkan di komputer. Kedua software itu adalah jenis Emulator Android (Bluestack, Nox, Andy, Memu, Droid4X, Geniemotion, dll) dan OS Android untuk PC (Remix OS dan Phoenix OS). Software jenis emulator Android adalah program atau aplikasi yang bisa menjalankan semua fungsi Android, baik game atau aplikasi Android pada laptop dan PC dengan cara dipasang (install) di dalam OS Windows, jadi menjadi bagian dari program di komputer Windows.

Sementara untuk software jenis OS Android untuk PC (platform Android) adalah software atau sistem operasi Android yang berfungsi untuk menjalankan semua aplikasi, game, dan sistem Android di laptop dan PC dengan cara diinstal di luar OS Windows, dengan cara install berdampingan pada partisi hardisk tersendiri, sebagai dual boot atau triple boot dengan Windows, maupun dijalankan via USB flashdisk. Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua jenis software untuk menjalankan Android di PC tersebut. Secara garis besar bahwa kelebihan Emulator Android adalah kita bisa menjalankan semua aplikasi, game, dan sistem Android di laptop dan PC dengan praktis dan mudah termasuk dalam hal langkah sinkronisasi dan koneksi internet atau ke perangkat USB seperti printer, modem, portable kamera, Bluetooth, router, Wifi, dan sebagainya, karena semuanya sudah tersetting dengan baik oleh sistem Windowsnya. Sedangkan kelemahan dari Emulator Android adalah apabila di install pada laptop dan PC dengan spesifikasi hardware yang standar atau kelas jadul, maka proses menjalankan aplikasi atau main game Android via Emulator tersebut akan terasa sangat lambat, loading lama, putus-putus, atau bahkan lag.

Kelebihan Remix OS bisa dipasang atau di-install pada laptop dan PC jadul (sekelas intel dual core 2,5 GHz) dengan kinerja yang cukup powerful dan lancar serta tidak putus-putus saat memainkan game Android 3D. Jika menjalankan Android di PC dan laptop dengan menggunakan Remix OS (instal Remix OS di hardisk) memang masih dijumpai beberapa kelemahan atau kendala dalam hal sinkronisasi (sambungan) dengan perangkat USB lain, karena deteksi perangkat USB belum bisa secara otomatis dikenali oleh Remix OS. Hal ini masih sering menjadi problem utama dan menjadi kesulitan bagi para user yang baru pertama kali menginstal dan menggunakan Remix OS, dimana mendapatkan error seperti Wifi tidak bisa kedetek, Bluetooth tidak dikenali, dan USB modem juga tidak bisa digunakan untuk konek ke internet. Hal tersebut wajar terjadi karena memang Remix OS terbaru (versi 3.0.207, interface Android Marshmallow) belum mengenal istilah “install driver” untuk perangkat USB tambahan. Seperti contoh, saat hendak mengkoneksikan modem USB untuk Remix OS (agar modem bisa konek di Remix OS) dengan bantuan aplikasi PPP Widget 2 atau PPP Widget 3, maka baru beberapa merk dan seri modem USB 3G dan 4G LTE saja yang bisa dikenali dan bisa berfungsi dengan baik.

Solusi apabila modem USB sudah bisa konek di Remix OS (USB modem for remix OS), namun internet tidak bisa membuka Play Store maupun akses Remix Central, maka bisa gunakan aplikasi Fake Wifi Connection, atau jika masih menggunakan PPP Widget 2 ganti saja dengan PPP Widget 3. Daftar merk dan seri modem USB support Remix OS (USB modem for Remix qOS) sampai pada Maret 2017 sebagian besar masih didominasi oleh beberapa seri dari merk Huawei, ZTE dan Sierra.
Modem USB yang dikenali dan support Remix OS antara lain :
– Huawei E3131 (3G HSDPA)
– Huawei E352 (3G HSDPA
– Huawei E357s-2
– Huawei E353 Wu-1
– Huawei E303 Hi Link
– Huawei E180   `
– Huawei E173
– Huawei E1752
– Sierra AirCard 312U
– Sierra 888
– Speed Up 9800
– Vodafone K3565-Z
– ZTE MF626
– ZTE MF160
– ZTE MF668A
– ZTE MF627