Tips Memilih Power Bank Terbaik

Teknologi smartphone telah berjalan jauh dalam beberapa tahun terakhir, namun ada masalah yang terus berlanjut yang masih membutuhkan waktu untuk berevolusi dan pemutakhiran secara terus-menerus, yaitu pada masalah daya tahan baterai. Sebagaimana diketahui bahwa sampai di Juni 2017 teknologi baterai pada smartphone telah mengalami peningkatan kecanggihan, dari mulai bentuk yang slim, kapasitas daya besar dan awet, sampai pada teknologi isi daya baterai cepat atau quick charge. Namun demikian, kecanggihan tersebut masih dikatakan wajar dan belum luar biasa, karena memang kebutuhan konsumen dalam operasional Hp secara terus-menerus dan mobile seakan tidak bisa dibatasi. Terutama bagi para user ponsel pintar yang sangat aktif dalam penggunaan smartphone setiap hari, termasuk saat dalam perjalanan, dengan berpindah lokasi, atau bahkan saat berpetualang di alam bebas. Sehingga bagi para konsumen yang seperti ini, kebutuhan daya tahan baterai besar dan nyala lebih lama atau bahkan harus selalu nyala, merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Alternatif yang tidak bisa dihindari untuk kondisi demikian adalah ketersedian power bank bagus dan tahan lama sebagai sumber daya atau power untuk mengisi smartphone secara praktis dan dinamis.

Gadget berupa handphone adalah alat penting yang selalu digunakan setiap hari, dimana tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi atau brwosing inetrnet saja, namun juga untuk hal lain seperti gaming, streaming video, downloading, uploading, sharing data dan koneksi internet, sampai kebutuhan lain yang lebih kompleks seperti sebagai sarana belajar, bisnis, blogging, dan membantu pekerjaan kantor. Karena itu, meskipin smartphone sudah dibekali dengan daya tahan atau kapasitas baterai besar,  ponsel selalu terasa cepat habis, apalagi untuk penggunaan aktif dengan intensitas tinggi. Sehingga saat hendak bepergian, maka power bank merupakan pasangan yang tidak boleh tertinggal untuk selalu dibawa. Sampai di Juni 2017 sudah banyak sekali seri dari ragam merk Power Bank, baik lokal, China maupun merk terkenal kelas dunia yang sudah dirilis dan dipasarkan, dengan ragam harga, kapasitas atau daya, dan kualitas terbaik masing-masing power bank. Daya beli dan minat user yang tinggi untuk memiliki power bank bagus harga murah juga menjadi trik tersendiri bagi beberapa pihak dengan memproduksi power bank KW, dengan kualitas yang tentu saja tidak sebagus dari powerbank orisinil atau asli.

Apabila Anda memiliki dana cukup dan peduli dengan kualitas power bank, serta keawetan smartphone atau tablet, maka cara memilih powerbank yang benar dan tepat haruslah berpedoman pada satu hal, yaitu dengan memilih atau membeli power bank asli yang bergaransi resmi, apapun merk yang akan dipilih. Saat ini banyak sekali merk dan jenis power bank yang ada di pasaran, termasuk ayng banyak dijual di toko online, dengan ragam fitur canggih, seperti power bank support fast charging, mAh besar, dan bodi tipis. Secara umum, orang tertarik membeli power bank adalah dengan melihat daya atau besarnya kapasitas mAh power bank, harga power bank, kemudian merk power bank, dan mudah tertarik dengan iklan power bank yang bagus dan murah. Faktor itu yang bisa dikatakan sebagai daya tarik utama dalam membeli power bank. Kemudian hal lain yang harus Anda perhatikan sebagai panduan dan tips memilih power bank terbaik, seperti dikutip dari teknologi-metrotvnews.com, bisa dibaca pada uraian berikut ini.

1. Memilih power bank murah
Beberapa power bank dibuat dengan menggunakan baterai daur ulang, supaya daftar harga power bank menjadi murah dan pembuat power bank bisa memperoleh keuntungan yang besar. Solusinya, kita harus membeli power bank yang menawarkan garansi resmi, meski harga power bank lebih mahal namun kualitas power bank terjamin.
2. Membeli power bank berdasar kapasitas mAh
Kian besar kapasitas atau daya Power Bank, maka kian besar ukuran bodi dan bobot power bank, sehingga sebaiknya kita menyesuaikan secara real kapasitas power bank yang benar-benar dibutuhkan kita sehari-hari.
3. Mengabaikan jumlah sel baterai yang digunakan
Memilih power bank karena harga dan merek, dan sering mengabaikan jumlah sel baterai pada power bank. Padahal semakin banyak sel baterai power bank, maka power bank akan semakin awet
4. Menggunakan konektor non-orisinil
Banyak power bank yang menyertakan konektor pada paket penjualan, namun harus diketahui bahwa tidak semua konektor memiliki kualitas baik untuk digunakan pada gadget kita. Solusinya, gunakan konektor orisinil bawaan gadget atau smartphone untuk digunakan sebagai konektor pada power bank.
5. Memilih power bank dengan output daya yang sesuai
Beberapa power bank memiliki output daya yang terlalu tinggi atau terlalu rendaf, sehingga membahayakan untuk smartphone. Perhatikan output daya pada Hp, dan sesuaikan dengan output daya power bank yang akan dibeli.
6. Membeli power bank yang memiliki sertifikasi
Belilah power bank yang memiliki sertifikasi, seperti SNI dan UL Certification, karena power bank tersebut sudah melewati uji standardisasi dan layak untuk digunakan